Cara Fokus Paling Ampuh dan Efektif

Fokus adalah elemen terpenting untuk mencapai tujuan kita apapun itu, baik dalam bisnis, karir, atau hanya sekedar menyelesaikan daftar to do list yang kita buat. Tanpa fokus maka sulit sekali untuk mencapai hasil maksimal. Namun ternyata banyak orang meras susah fokus ketika dihadapkan segudang pekerjaan didepannya, ada juga yang merasa sudah fokus tapi belum mencapai hasil maksimal. Mungkin masih salah cara yang ia pakai.

https://falzart.files.wordpress.com/2011/11/fokus.jpg?w=600

Bagaimana Cara Fokus Yang Benar?

Banyak artikel yang menasehatkan kita untuk fokus, atau pentingnya fokus. Tetapi tidak menjelaskan bagaimana caranya fokus?. karena lebih penting untuk langsung mempraktekkanya ketimbang teori yang membosankan. Nah disini kita coba mengupas cara ampuh dan langkah-langkah nyata agar kita bisa fokus dalam hal apapun.

Mau Fokus Apa?

Pertanyaan terpenting sebelum anda mulai fokus. bagaimana mungkin anda bisa fokus jika tidak tau harus fokus dalam hal apa. Seperti penembak jitu, dia harus tau sasaran tembak yang dituju sebelum menembak, agar tidak sembarang tembak. Maka sekarang tentukan ANDA MAU FOKUS APA?
Bagaimana caranya?
  • Ambil selembar kertas
  • Tulis segala keinginan anda
  • Tuliskan kegiatan-kegiatan rutin yang anda lakukan selama ini
Ribet? ya memang untuk fokus dari kebiasaan yang berantakan membutuhkan waktu dan tenaga, segera ambil kertas dan tuliskan. Pikiran yang dituangkan dalam selembar kertas akan lebih meringankan beban di kepala anda. Sudah menuliskan semua yang ada di kepala anda, bagus anda sudah memulai langkah yang baik. lalu.

Ambil Keputusan

Sekarang anda sudah memiliki daftar keinginan, kegiatan dan kesibukan anda. baca semuanya dari awal sampai akhir, lalu putuskan:
  • Mana yang harus Anda lakukan sekarang juga. Biasanya pekerjaan yang bisa cepat diselesaikan yaitu kurang dari dua menit.
  • Mana pekerjaan yang harus dilakukan segera. Penting tapi waktunya cukup lama.
  • Mana pekerjaan yang ditunda atau dijadwalkan.
  • Mana pekerjaan yang bisa Anda hapus atau dibatalkan. Usahakan Anda membatalkan pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Tandai juga hal-hal yang ternyata bukan pekerjaan atau tugas. Biasanya hanya sebagai referensi.
Tanyakan pada diri anda 
  • Mana pekerjaan yang memberikan manfaat paling besar dalam kehidupan anda?
  • Mana keinginan-keinginan yang tidak rasional yan akan menghabiskan waktu anda?
  • Apa jadinya jika pekerjaan itu anda batalkan?
  • Kapan waktu yang tepat mengerjakannya?
Jika masih bingung, gunakan feeling anda, anda harus berani membuat keputusan, Singkirkan pekerjaan yang membuat waktu anda terbuang. segera lakukan pekerjaan yang penting. Jika anda tidak mengambil keputusan maka anda tidak akan pernah fokus.


Berikan Prioritas

Kemudian langkah terakhir, pilah-pilih pekerjaan anda, mana yang harus dikerjakan sekarang, mana yang bisa dijadwalkan, mana yang bisa didelegasian. Fokuslah pada pekerjaan sekarang. Ambil tindakan cepat untuk menyelesaikannya. Lupakan pekerjaan lain. Anda tidak perlu khawatir dengan pekerjaan lain sebab sudah Anda simpan pada sebuah sistem “di luar” kepala Anda. Inilah inti cara fokus, Anda hanya perlu memikirkan yang memang perlu dipikirkan.
     
Lakukan review sepekan sekali, jika belum mebuahkan hasil, ubah daftar anda, mungkin ada yang salah dalam penempatan prioritas. ambil keputusan baru dan terapkan.dengan cara ini saja anda sudah bisa  fokus.
       
ingin lebih fokus? anda akan mendapatkan penjelasan lebih detil tentang cara ini dan juga cara-cara lainnya yang akan melejitkan produktivitas sekaligus penghasilan Anda di Revolusi Waktu.

http://www.zonasukses.com/?ref=zs3843266

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »