Cara Membaca Cepat yang Efektif

Di zaman modern sekarang ini kecepatan adalah segalanya, jika anda tidak mau ketinggalan orang lain maka anda harus cepat, termasuk dalam menyerap informasi. Banyak cara untuk mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan, yang paling cepat dan efektif adalah dengan membaca. Membaca akan membuka wawasan baru yang sebelumnya tidak anda ketahui.

Bagaimana Cara Anda Membaca?

Pernahkan Anda memperhatikan cara anda membaca? Bagaimana mata anda memahami bentuk huruf, dan kemudian menempatkan huruf-huruf tersebut bersama untuk membentuk sebuah kalimat yang dapat anda mengerti? Apakah mata anda benar-benar fokus dengan yang anda baca? Apakah sudah maksimal informasi yang anda dapatkan dengan seefisien mungkin? Maka membaca adalah sebuah keterampilan yang kompleks. Terlebih untuk membca cepat anda harus sering berlatih untuk menguasainya.

Untuk Apa Membaca Cepat?

Bayangkan jika anda dapat membaca dengan cepat, semakin cepat anda membaca maka akan semakin banyak informasi yang masuk dalam waktu singkat. Itu artinya anda akan memperoleh manfaat lebih besar untuk segera melakukan tindakan nyata dari yang anda baca atau berpindah menuju informasi lainnya. Anda akan hemat waktu, tenaga, dan anda bisa mengerjakan hal bermanfaat lainnya.

Kebanyakan orang membaca dengan kecepatan 250 kata per menit. Ini berarti anda menghabiskan waktu 1-2 menit untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku atau dokumen. Namun, bayangkan jika anda bisa menggandakan tingkatan anda menjadi 500 kata per menit. Anda bisa dengan cepat membaca semua konten tersebut dalam separuh waktu. Anda kemudian bisa menggunakan waktu yang dihemat untuk tugas-tugas lain, atau mengambil beberapa menit ekstra untuk bersantai.

Keuntungan penting lainnya dari membaca cepat adalah anda dapat lebih memahami struktur keseluruhan dokumen. Hal ini menghasilkan pemahaman yang “lebih besar”, dimana anda bisa mendapatkan keuntungan untuk pekerjaan dan karier anda.

Maka Membaca Cepat itu Penting! 

Berikut Langkah yang bisa anda lakukan untuk menguasai keterampilan ini.

1. Konsentrasi Tinggi
  
Tanpa konsentrasi, maka bacaan tidak akan bisa diserap dengan baik, pasti ada saja yang terlewatkan. Begitu juga dalam hal membaca, apalagi membaca dengan cepat. Untuk berkonsentrasi, maka diperlukan fisik, pikiran dan perasaan yang seimbang. Dalam artian, jangan ada kepincangan ketiga unsur itu. Misalkan pada fisik jangan ada yang sakit, seperti tangan pegal, leher keseleo, dan yang lain. Unsur pikiran juga harus jernih, harus dijauhkan dari pikiran-pikiran yang lain, seperti memikirkan cucian yang sudah tiga hari menumpuk, tugas yang belum selesai, dan yang lainnya.

Selain fisik dan pikiran diatas yang tidak kalah penitng adalah perasaan Anda. Jika sedang "galau", maka harus dinetralisir dahulu. Banyak cara untuk mendamaikan perasaan, seperti baca Al -Qur'an dan terjemahan, Ambil air wudhu, melihat anak bayi, dan sebagainya.

2. Membaca Gagasan bukan Isi

Setiap tulisan di buku misalnya, itu hanya sebuah gagasan saja yang diterjemahkan kedalam rangkaian kalimat, yang terhubung antar kata perkata, jadilah sebuah buku. Padahal di balik itu semua hanya ada inti pokok pikiran penulis. Maka fokus pada inti gagasannya saja, tinggalkan hal-hal yang sudah umum. dengan demikian kecepatan membaca anda akan meningkat.

Lalu bagaimana dengan buku-buku dengan pembahasan berat seperti buku fikih dan hadits? atau beberpapa buku sains? untuk buku semacam ini memang anda harus membaca secara keseluruhan. Karena jika anda hanya membaca gagasannya bisa menimbulkan kesalahpahaman. Atau novel, butuh cara khusus membacanya, tidak seru jika hanya membaca gagasannya. Tetapi Buku-buku pada umumnya bisa dibaca dengan cepat.

3. Mengenal dan Memahami Kata Dengan Baik

Perbendaharaan kata yang banyak adalah syarat utama untuk membaca cepat, karena anda tidak perlu memahaminya lagi ketika membaca yang menyebabkan anda tidak bisa segera beralih ke paragraf selanjutnya. Semakin banyak kosakata yang anda pahami maka akan semakin cepat pemahaman yang anda dapat dari bacaan. Bahkan jika seandainya kata-kata tersebut dibolak-balik otak kita masih bisa mengenalinya sehingga memudahkan membaca lebih cepat.

4. Mengelompokkan Kata 

Jangan membaca kata per kata karena hasilnya akan sangat lambat. Bacalah beberapa kata sekaligus, misal dalam satu baris ada 10 kata pakailah rumus 3-3-4, baca sekaligus 3 kata, kemudian 3, kemudian 4. Dengan cara ini anda akan lebih cepat membaca. Jika anda sudah mahir, maka anda akan bisa membaca satu baris dalam satu tatapan, atau satu paragraf sekali baca. Ini yang disebut skimming.  Bahkan pemegang rekor dunia membaca cepat saat ini bisa membaca satu halaman per detik, luar biasa. 

5. Jangan Gerakkan Kepala Anda!

Sebagian orang mengira dengan menggerakan kepala maka akan lebih cepat membaca. Padahal cara ini akan membuat anda cepat lelah. Cukup gerakan mata anda ke kanan dan ke kiri, sehingga anda bisa lebih fokus membaca cepat. Kebiasaan yang memperlambat bacaan juga harus ditinggalkan seperti membaca dengan nyaring, anda tidak perlu juga hanya sekedar menggerakan bibir karena ini akan memperlambat bacaan. Cukup duduk manis dan gunakan mata adan pikirn anda saja.

>>Kunci Sukses Membaca Cepat

Mengetahui “bagaimana” membaca cepat hanya langkah pertama. Anda harus berlatih untuk menguasainya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu anda menghentikan kebiasaan membaca yang kurang baik dan menguasai keterampilan membaca cepat seperti telah dibahas di atas.

• Latihan, latihan, latihan – Anda harus menggunakan keahlian tersebut secara teratur. Anda telah menghabiskan waktu beberapa tahun untuk belajar membaca, dan tentu saja akan memakan waktu untuk meningkatkan kemampuan membaca anda.

• Pilih materi yang mudah untuk memulai – ketika anda mulai belajar membaca cepat, jangan menggunakan textbook yang menantang. Bacalah sesuatu seperti  majalah, yang anda dapat nikmati dan pahami dalam satu kali baca.

• Materi yang tepat – tidak semua yang anda baca cocok untuk dibaca secara cepat.

• Jika anda perlu memahami maksud dengan sepenuhnya, mengingat informasi, mendiskusikan secara rinci, menganalisis secara menyeluruh (buku-buku dengan pembahasan berat) maka membaca cepat adalah pendekatan yang salah. (Di sini, perlu untuk memilih strategi yang tepat dalam membaca sebelum anda mulai).

• Gunakan pointer atau alat lainnya untuk membantu mendorong kecepatan membaca anda – ketika anda dengan cepat menarik sebuah kartu yang digunakan sebagai alat bantu ke bagian bawah halaman, atau menggerakkan jari anda bolak-balik, anda memaksa mata anda dan otak untuk mengikuti.

•Bandingkan kecepatan anda membaca dengan saat ini.  Dengan cara ini anda dapat memberitahu apakah latihan anda berhasil atau tidak, dan anda mendapatkan kesan positif dari teman-teman dan keluarga anda ketika anda memberitahu mereka bahwa anda saat ini dapat membaca lebih cepat.

Intinya membaca cepat adalah keterampilan yang akan anda kuasai jika anda sering melatihnya.

 

 
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »