Trik Mempercepat Laptop atau Komputer yang Lemot

Tentu Anda kesal ketika sedang asyik-asiknya menggunakan komputer entah hanya sekedar berselancar di internet atau mengetik di Word tiba-tiba muncul pesan eror "not responding". Hal pertama yang harus kita identifikasi adalah mengetahui masalah penyebab komputer lelet. Berikut beberapa penyebab komputer lemot dan solusinya.



SPESIFIKASI KOMPUTER YANG RENDAH

Sebelum menyalahkan komputer yang kita pakai mungkin perlu dicek dulu speknya apa sudah minimal. untuk yang masih mnggunakan Windows xp ram minimal sebaiknya 1gb, untuk Windows 7,8, dan 10 sebaiknya tidak kurang dari 2 gb. Ram yang tidak sesuai akan mempengaruhi kinerja komputer, apalag kita membuka terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu.

Solusi: Tambah RAM komputer Anda atau beli komputer baru yang sesuai.

KERUSAKAN KOMPONEN KOMPUTER

Kerusakan kecil pada salah satu komponen komputer bisa sangat mempengaruhi kinerja komputer, biasanya ini terjadi dari hardisk bad sector dan RAM yang tidak kompatible.
Untuk mengetahui hardisk bad sector
caranya masuk ke windows explorer >> klik kanan dan pilih properties pada salah satu drive yang akan kita cek >> klik tab tool >> klik chek now pada error cheking >> centang "scan for and attemp recovery of bad sector" >> klik start dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Solusi:
>> Matikan PC dengan cara yang benar
>> Memakai PSU yang handal
>> Lakukan defrag hardisk secara berkala misalnya 1 bulan sekali
>> Jika Anda memasang dua slot Ram pastikan speknya sama.

TERLALU BANYAK MENGINSTAL APLIKASI

Banyaknya software yang terinstal juga bisa membuat komputer berjalan lambat, apalagi jika ada yang berjalan di background yang tanpa kita ketahui menguras kapasitas Memory RAM kita. Kesalahan yang sering terjadi adalah menginstal banyak software dengan fungsi sama.

Solusi: Cukup instal satu aplikasi dengan fungsi sama, Browser misalnya tidak perlu menginstal firefox, opera, safari, chrome, baidu, uc secara bersamaan, cukup pilih salah satunya agar lebih hemat ruang dan meringankan kerja komputer.

KOMPUTER TERSERANG VIRUS

Banyak sekali jenis virus dan masing-masing memiliki efek serangan yang berbeda, ada yang menghapus dan meenyembunyikan file, ada juga yang memberatkan dan mengacaukan sistem komputer.

Solusi: Pastikan anda memakai antivirus komputer yang bagus.

SPYWARE

Spyware adalah program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan anda, otomatis akan memakan RAM yang menyebabkan komputer lelet.

Solusi: Hapus spyware tersebut dengan anti spyware yang ter-update, misal pakai spy hunter.

HARDISK PENUH

Perhatikan ruang hardisk komputer Anda, mungkin penyebab lemot selama ini karena hardisk terlalu penuh.

Solusi: Hapus file yang tidak perlu sehingga ada ruang kosong yang cukup.

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »