Tips Hidup Sehat Dengan Menjaga Pola Makan dan Minum

Semua ingin sehat, tidak ada yang ingin terserang penyakit. tapi ternyata kebanyakan pola hidup yang kita terbiasa dengannya tidak mencerminkankan hidup sehat. Maka tidak cukup niat ingin hidup sehat, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat. salah satunya adalah jaga pola makan dan minum kita, berikut tips agar kualitas kesehatan kita terjaga.


HINDARI MAKANAN BERPENGAWET

Makanan berpengawet memang bisa lebih tahan lama, namun efeknya bagi kesehatan sangat tidak baik, maka hindari sebisa mungkin. Bahkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

HINDARI MAKANAN BERLEMAK TINGGI

Hal yang paling sulit dilakukan!. tetapi usahakan kurangi makanan berlemak seperti mentega, santan, apalagi jeroan. lebih baik konsumsi lemak alami yang terdapat pada kacang-kacangan atau biji-bijian.
Jika membutuhkan makanan berprotein pilih semisal ikan, susu rendah lemak, daging tanpa lemak, yoghurt sebagai sumber protein yang baik. Jangan lupa perbanyak makan buah dan sayuran.

HINDARI PEWARNA BUATAN

Makanan dengan pewarna buatan meningkatkan resiko terserang penyakit. Pilih pewarna alami saat mengolah makanan seperti kunyit, cokelat, daun pandan dll. Pilih makanan berwarna putih alami. Juga jangan berlebihan menggunakan saos, kecap, garam dan penyedap rasa.

HINDARI  MINUMAN BERSODA

Sudah banyak bukti yang memberi kita informasi bahwa minuman bersoda sangat tidak baik bagi kesehatan, minuman bersoda bisa meningkatkan lemak tubuh secara drastis. Lebih baik pilih minuman berkhasiat seperti jamu. Jus sayuran dan buah juga baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Semakin banyak maka semakin bagus, karena tubuh membutuhkan cairan yang banyak. jangan biarkan tubuh kekurangan cairan sampai dehidrasi. Minum minimal 2 liter sehari atau jika memungkinkan minum 3-4 liter agar tubuh senantiasa fresh.
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »