Tips Trik Cepat Menghafal al Quran

Sungguh beruntung orang-orang yang digerakkan hatinya oleh Allah untuk mengafal al qur'an. Tidak semua orang diberikan rasa cinta untuk menghafalkan Al Quran. Jika Anda membaca artikel ini, berarti Anda termasuk mereka yang Allah inginkan menjadi ahli qur'an. Tetapi banyak yang mengeluh kesulitan dalam menghafal Al Quran padahal al quran itu mudah dihafal


MENGHAFAL AL QUR'AN ITU MUDAH

Sebagaimana yang telah Allah jelaskan dalam surat al qomar, bahwa alquran ini dimudahkan untuk dihafal, tinggal kita saja mau atau tidak untuk memulainya. bukti nyata akan hal itu lihat di sekitar kita berapa banyak anak  kecil yang bisa menghafalkan surat-surat di dalam Al Quran, padahal mereka tidak tau makna yang mereka baca, kalau kita mendapati ada orang yang bisa menghafalkan teks bahasa ingris misalnya tanpa tau arti yang dihafalkannya, sungguh hal yang luar biasa dan jenius. Tetapi Al Quran tidak membutuhkan kejeniusan seperti itu, semua orang bisa menghafalnya.

NIAT YANG IKHLASH

Agar Allah memudahkan kita menghafal Al Quran, hafallah Al Quran itu dengan niat semata-mata mengharapkan pahala dan ridha dari Allah. apa tujuan kita menghafal Al Quran? apa supaya dipuji orang karena banyak hafalannya? singkirkan niat-niat seperti ini agar hati menjadi tenang ketika menghafal Al Quran sekaligus memperoleh pahala yang besar.

PERBANYAK DO'A

Usaha tanpa do'a ibarat masakan tanpa garam. Berdoalah kepada Allah Agar dimudahkan menghafal Alquran, Allah yang telah menurunkannya, Allah juga yang akan mempermudahnya bagi kita untuk dihafal.

CARI TAHU KEUTAMAAN PARA PENGHAFAL ALQURAN

Kalau kita tau kelebihan suatu produk maka kita tidak segan segan untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya. begitu juga kalau kita mengetahui keutamaan para penghafal Al qur'an, maka kita tidak akan pelit untuk menyisihkan waktu beberapa jam sehari untuk menghafalnya. Misal, para penghafal alquran nanti kedudukannya di akhirat sesuai dengan banyaknya ayat yang dihafal. atau orang yang menghafal al quran tidak mudah pikun dsb, cari tau tentang keutamaannya!

BUAT TARGET

Anda harus punya target yang jelas, sehari harus hafal berapa juz? sebulan sudah berapa?. buat target-target reralistis agar mengahfal menjadi mengasyikan. dengan membuat target yang jelas Anda juga bisa mengavaluasi cara Anda menghafal untuk ditingkatkan lagi, dipercepat lagi dengan target target baru.

JANGAN GUNAKAN WAKTU SISA ANDA

Berikan waktu khusus untuk menghafal Al Quran, jangan menghafal ketika Anda lelah karena mungkin tidak ada satu ayat pun yang bisa Anda hafal dalam kondisi demikian. jika Anda sibuk sisihkan setiap hari satu jam saja untuk menghafal berikan waktu istirahat 2 kali sepekan untuk mengulang kembali apa yang sudah Anda hafal.

PERBAIKI BACAAN TAJWID TERLEBIH DAHULU

Khusus bagi Anda yang masih kesulitan dan belepotan ketika membaca Al Quran alangkah baiknya kalau Anda perbaiki dulu bacaan Anda sesuai dengan hukum membaca al quran yang benar, jangan sampai Anda menghafal dan yang Anda hafal salah, akan susah memperbaikinya.

ULANGI ULANGI DAN ULANGI

Kunci untuk mengakselarasi hafalan adalah dengan sering mengulang apa yang sudah Anda hafal, jangan bosan untuk mengulang, karena hanya dengan cara ini hafalan bisa melekat kuat di kepala. misalnya Anda ulang-ulang satu halaman sebanyak 20 kali atau 40 kali.

MULAI SEKARANG

Jangan tunda lagi, musuh utama Anda adalah menunda apa yang sebenarnya bisa Anda kerjakan sekarang. Pegang mushaf di tangan, dan katakan saya tidak akan mengerjakan yang lain selama satu jam kedepan sebelum saya menyelesaikan satu halaman.

Semoga bermanfaat.


Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »